Manajemen Keuangan Keluarga Yang Baik, Mulai Untuk Menabung

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Mengatur keuangan keluarga pada dasarnya tidak mudah. Pasalnya, dengan berjalannya kebutuhan keluarga akan membuat pengeluaran yang melebihi anggaran. Untuk itu, tidak bisa dibilang mudah untuk mengatur sebuah manajemen keuangan keluarga. Agar bisa mengaturnya dengan tepat, maka lakukan cara manajemen keuangan keluarga yang baik dan benar tentunya.

Cara Manajemen Keuangan Keluarga Yang Baik

Ketika sudah memasuki ranah keluarga membuat banyak hal yang harus dipikirkan, salah satunya mengenai keuangan yang menjadi hal sensitif untuk dibahas. Agar keuangan keluarga bisa tersusun rapi, maka perhatikan hal berikut agar anda bisa membuat manajemen keuangan dengan baik.

Buat Daftar Kebutuhan Secara Bulanan

Untuk langkah awal, lakukan membuat daftar bulanan seperti kebutuhan pokoknya untuk membayar tagihan listrik dan air. Bukan hanya itu saja, susun pula daftar kebutuhan pokok untuk sehari-hari dari makanan dan kebutuhan lainnya. Hal ini bisa dimulai dari menganalisa kebutuhan harian keluarga dari suami, istri, dan anak. Baru semua bisa anda hitung berapa yang harus dikeluarkan selama satu bulan untuk biaya pokoknya.

Perencanaan Keuangan

Jika semua telah tersusun rapi, maka anda bisa mulai membuat data pemasukan dan pengeluaran keluarga anda. Buatlah dana senyata mungkin agar bisa memperkirakan antara yang masuk dan keluar. Jika memungkinkan, membuat dana cadangan dan untuk ditabung. Dimana dana ini bisa anda gunakan untuk sesuatu hal yang tidak terduga.

Berusaha Untuk Menabung

Untuk manajemen keuangan keluarga yang baik, bisa dengan berusaha menyisihkan uang untuk ditabung. Cara ini bisa lebih berhemat dan tidak boros untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk mulai menabung, tidak harus dengan nominal yang besar, mulai dengan nominal yang kecil.

Setelah terbiasa untuk menabung, nanti bisa ditingkatkan besaran nominalnya. Anda bisa membiasakan anak untuk belajar menabung guna mengajarkan mereka disiplin. Hal ini bisa anda terapkan untuk membuat stabil keuangan keluarga di masa yang sedikit sulit. Kalaupun sedang dalam masa sulit, tabungan bisa anda gunakan. Sedangkan bagi anak, bisa menggunakan tabungan untuk membeli kebutuhan yang mereka inginkan. Untuk itu, sangat perlu mengetahui manajemen keuangan keluarga yang baik.

Share.

About Author

Igma

Saya seperti kereta barang. Bekerja pada detail, memutar mereka dan bermain dengan mereka selama bertahun-tahun, tetapi selalu tetap di jalur yang sama. Orang-orang yang menunjukkan perfeksionisme yang tidak sehat takut akan kegagalan, takut akan kritik.

1 Comment

  1. Pingback: Manajemen Keuangan Keluarga Yang Baik, Mulai Untuk Menabung – DreamTeam

Leave A Reply