Jenis Tanaman Liar untuk Obat Herbal, Kaya Akan Khasiat dan Manfaat

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jenis Tanaman Liar untuk Obat Herbal, Kaya Akan Khasiat dan Manfaat

Terkadang kita kurang menyadarinya bahwa di sekitar lingkungan tempat tinggal kita kaya akan obat-obat herbal yang dapat dikonsumsi. Bahkan tanaman yang kita anggap sebagai tanaman liar pun juga memiliki berbagai macam manfaat yang luar biasa. Apakah anda tahu, apa saja jenis tanaman liar untuk obat herbal tersebut?

Jenis Tanaman Liar untuk Obat Herbal

Berbicara soal obat herbal, tentu saja sudah menjadi hal yang sangat familiar di kehidupan kita. Apalagi bila kita mengkonsumsi tanaman sebagai obat herbal seperti jahe, temulawak, kunyit, dan lain sebagainya, yang mungkin sudah terdengar biasa.

Untuk itulah, berikut ini beberapa jenis tanaman liar yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk anda konsumsi. Ini sebagai inovasi baru dalam mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Putri Malu

Putri malu dengan nama latinnya mimosa pudica merupakan salah satu jenis tanaman liar untuk obat herbal. Pastinya, anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman liar yang satu ini.

Putri malu merupakan tanaman perdu dari anggota suku polong-polongan, sangat terkenal sebagai tanaman yang ketika daunnya disentuh akan menutup. Ternyata, khasiat dari putri malu ini sangatlah banyak.

Seperti halnya meluruhkan air seni, mengatasi insomnia, menurunkan panas, mengatasi tenggorokan berdahak, menurunkan berat badan, dan manfaat yang lainnya. Cara mengkonsumsinya pun sangatlah mudah, cukup diolah dengan cara direbus dan kemudian airnya dapat diminum.

Andong

Jenis tanaman liar untuk obat herbal selanjutnya adalah andong. Sebenarnya, tanaman ini memiliki beberapa nama lain di masing-masing daerah.

Di Sunda, tanaman ini disebut sebagai hanjung, kayu urip di Madura, penjuang di Dayak, endong di Bali, sedangkan di Jawa diberi nama andong. Ketika dikonsumsi, andong memiliki rasa yang sangat unik dan khas, yaitu manis, hambar, serta bersifat menyegarkan.

Hampir semua dari bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan. Seperti bunga, daun, batang, dan akarnya.

Tanaman liar tersebut merupakan dua diantara banyaknya tanaman liar yang dapat dijadikan obat herbal. Jenis tanaman liar untuk obat herbal tersedia sangat banyak di alam. Seperti alang-alang, bandotan, bakung, dan tanaman liar lainnya.

 

Share.

About Author

Igma

Saya seperti kereta barang. Bekerja pada detail, memutar mereka dan bermain dengan mereka selama bertahun-tahun, tetapi selalu tetap di jalur yang sama. Orang-orang yang menunjukkan perfeksionisme yang tidak sehat takut akan kegagalan, takut akan kritik.

1 Comment

  1. Pingback: Jenis Tanaman Liar untuk Obat Herbal, Kaya Akan Khasiat dan Manfaat

Leave A Reply