Tips Manajemen Keuangan Bisnis Kecil Efektif dan Efisien

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Dalam menjalankan sebuah usaha, baik skala besar atau kecil, kita harus pandai dalam hal mengelola manajemen keuangan yang ada. Terutama jika anda adalah seorang pemula yang baru memulai dalam menjalankan usaha tersebut. Dalam mengatur keuangan usaha, terutama usaha kecil, tidaklah terlalu sulit. Terdapat beberapa tips dalam manajemen keuangan bisnis kecil tepat dan efektif.

Tips Manajemen Keuangan Bisnis Kecil Efektif dan Efisien

Meskipun bisnis yang anda jalankan masih tergolong kecil, akan tetapi harus mengelola keuangan secara baik dan benar. Hal ini bertujuan supaya arus kas tidak mengalami defisit dimana jumlah pengeluaran melebihi jumlah pendapatan.

Berikut ini beberapa cara dalam mengelola manajemen keuangan bisnis kecil:

Memahami Pembukuan Keuangan

Dalam mengelola keuangan bisnis berskala kecil, terutama bagi anda para pemula, maka anda perlu memahami pembukuan keuangan. Setidaknya anda membuat 5 buku akun terpisah untuk mencatat setiap transaksi. Kelima buku tersebut antara lain buku catatan uang masuk dan keluar, buku persediaan barang, buku hutang piutang, buku pembelian dan penjualan, serta buku biaya dan pendapatan lain di luar penjualan barang dan jasa.

Memisahkan Uang Pribadi dengan Uang Usaha

Dalam hal ini, anda dapat membuat akun rekening secara terpisah. Selanjutnya, anda harus berkomitmen untuk tidak mencampurkan antara uang pribadi dengan uang usaha. Dengan demikian, manajemen keuangan akan lebih terkontrol.

Melakukan Perputaran Kas Secara Selektif

Dalam perputaran kas, anda juga harus memperhatikan pengelolaan hutang piutang serta persediaan. Perputaran kas akan terjadi kelambatan apabila termin penjualan kredit lebih lama dibandingkan dengan pembelian. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah mengusahakan termin penjualan kredit sama dengan pembelian kredit. Selain itu, anda juga harus menekan tingkat persediaan supaya dapat memenuhi order tanpa membebani keuangan.

Menggunakan Laba Untuk Mengembangkan Usaha

Hal penting lain yang harus anda perhatikan dalam manajemen keuangan bisnis kecil adalah menggunakan laba untuk mengembangkan usaha. Anda juga dapat menggunakan laba sebagai modal untuk berinvestasi dalam bentuk yang lain.

Dengan memperhatikan cara manajemen keuangan bisnis kecil di atas, maka usaha yang anda jalankan dapat berkembang dengan baik. Dengan adanya manajemen keuangan yang baik, maka anda dapat mengelola sumber-sumber modal dengan baik dan lebih seksama.

Share.

About Author

Igma

Saya seperti kereta barang. Bekerja pada detail, memutar mereka dan bermain dengan mereka selama bertahun-tahun, tetapi selalu tetap di jalur yang sama. Orang-orang yang menunjukkan perfeksionisme yang tidak sehat takut akan kegagalan, takut akan kritik.

Leave A Reply